Kenapa Ubuntu itu “Ubuntu”??

     Sejarahnya sih sebenarnya gak penting, cuma penting banget buat di bahas. Kalau di telusuri ternyata Ubuntu berasal dari sebuah filosofi masyarakat Afrika Selatan, yang artinya adalah “Kemanusiaan kepada sesama”. Kenapa bisa dari Afrika Selatan kenapa gak filosofi Indonesia aja “Bhineka Tunggal Ika”? Karena ternyata..eh..ternyata sumber pendanaan terbesar proyek ini dimulai dari sebuah perusahaan besar di Afrika Selatan yaitu Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha bernama Mark Shuttleworth.

     Filosofi dari Ubuntu adalah sebagai berikut :

  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing <pantes bahasa Indonesia ada, coba kalo ada bahasa Sundanya juga, manteb ini> dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun

     Wuih, mantep yak?ternyata begitu tenggang rasanya Ubuntu ini untuk rakyat Indonesia, maklum pada maunya yang gratis,😆 . Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary) lainnya, bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan. Bebasnya Alhamdulillah yah, susu-atu banget!!

     Itu baru filosofi bagaimana dengan sejarah pertama kali karena apa yak? jadi Ubuntu di rilis pertama kali tanggal 20 Oktober 2004, dengan nama Warty Warthog. Sebagai salah satu proyek andalan dari Debian <Distro Induk Ubuntu>. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sebuah desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu menjadwalkan Sistem Operasinya dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui dan diawasi paket-paketnya.

Versi Kode nama Tanggal Perilisan Didukung sampai
Desktop Server
4.10 Warty Warthog 20-10-2004 2006-04-30
5.04 Hoary Hedgehog 08-04-2005 2006-10-31
5.10 Breezy Badger 13-10-2005 2007-04-13
6.06 LTS Dapper Drake 01-06-2006 2009-07-14 2011-06-01
6.10 Edgy Eft 26-10-2006 2008-04-25
7.04 Feisty Fawn 19-04-2007 2008-10-19
7.10 Gutsy Gibbon 08-10-2007 2009-04-18
8.04 LTS Hardy Heron 24-04-2008 2011-05-12 2013-04
8.10 Intrepid Ibex 30-10-2008 2010-04-30
9.04 Jaunty Jackalope 23-04-2009 2010-10-23
9.10 Karmic Koala 29-10-2009 2011-04-30
10.04 LTS Lucid Lynx 29-04-2010 2013-04 2015-04
10.10 Maverick Meerkat 10-10-2010 2012-04
11.04 Natty Narwhal 28-04-2011 2012-10
11.10 Oneiric Ocelot 13-10-2011 2013-04
12.04 LTS Precise Pangolin 2012-04-26 2017-04

      Nah itu adalah versi-versi yang sudah dirilis oleh Ubuntu itu sendiri. Kalo dipikir-pikir mungkin karena dilahirkan dari Afrika Selatan maka dari itu Ubuntu selalu menggunakan Release code yang terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diteruskan dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).

     Jadi tau kan sekarang kenapa Ubuntu itu “Ubuntu” dan selalu memakai nama hewan di tiap rilisnya?? Itulah sebabnya Ubuntu cinta dengan Kemanusiaan, karena memegang filosofi tersebutlah Ubuntu tetap menjadi pilihan utama setiap new-bie bidang pe-Linux-an. Terima kasih Bapak Ian Murdock selaku pembuat Debian dan Mark Shuttleworth yang mau menyumbangkan hartanya cuma buat di gratisin sama gue dan para pengembang.

..::I LOVE YOUR MADE::..

😉