Nginstal Linux di Kompie sendiri

Nginstal Linux, hmmm😯 >> susah..susah..mudah sih. Mudahnya gak pake “mesti” inget serial number doang. Tapi enaknya di Linux kita bisa eksperimen bahkan sampai bikin OS baru (Awesome!).

Langkah pertama

Pastikan udeh punya komputer atau laptop atau netbook yang ada harddisknya ya, kalo dulu mah cuma 1,5 GB – 5 GB juga udeh muat, makannya bisa di dual booting. Tapi, karena sekarang udeh gak ada lagi kapasitas yang segitu adanya maka dari itu pilihan dual booting mungkin bisa jadi pilihan kalian untuk mengenal lebih jauh Si Pinguin ini.

Langkah kedua

Udeh punya CD atau LIVE CD atau DVD atau USB Boot Distro Linux apa aja, mau Red Hat kek, Ubuntu kek, Debian kek, Fedora kek, Slackware kek sama aja yang penting Linux gak bayar <mau dapet minjem dari temen juga ga apa-apa>. Kalo gue sih lebih milih Ubuntu karena fleksibel cuy, gak ribet, gak pake A atau B, langsung nusuk.

NB : Kalo pilih Ubuntu, saran gue jangan yang 11.10 Oneiric Ocelot karna kayaknya masih debug, bukan kayak Linux biasa digunakan agak lemot mungkin karena ketidakcocokan antara kernel dan GNOME-nya. Dibawahnya versi tersebut atau kalo ada yang terbaru <sudah ditanggulangi mungkin kekurangannya, maklum yang ngerjain banyak orang>

Langkah ketiga

Yakinkan diri kalian kalo udeh mantep untuk melakukan penginstalan, bahaya kalo kurang mantep banting setir dari “jendela” ke pinguin. Bisa install ulang mulu kerjaan kalian, maklum pengalaman pribadi. Kalo saran gue, mau belajar mending siapin dulu 3 atau 2 partisi. Jaga-jaga kalo Data kalian gak bisa di amankan kan masih ada di partisi yang lain, dan kalo bisa udeh Install “Jendela” duluan tuh Kompie.

Langkah keempat

Booting via Master Booting apa aja yang kalian punya buat penginstalan. Berarti mesti ke system BIOS dulu. Configurasi di system advance -> Boot Configuration.

Langkah kelima

Biarkan saja dan masuklah ke dalam system LIVE-CD saja biar lebih aman, hehe.

Langkah keenam

Klik Install one the PC dan memulai penginstalan, pada dasarnya sama saja sih tapi saya jelaskan apa aja yang biasanya ditanyain dan buat bingung.

  1. Pilih Bahasa, jangan “sepik” buat pilih Bahasa Inggris kalo kurang paham banget, tapi kalau pilih Bahasa Indonesia juga kadang gak jebo sih Bahasanya, ribetnya tuh pas milih partisi, hehehe <jadi mending Bahasa Inggris dan siapkan kamus untuk jaga-jaga.>
  2. Terus muncul pertanyaan dimana kalian berada, kalo gue waktu itu sih milih di Itali, Eropa,hehe. Milihnya itu bisa langsung klik aja pada Peta Dunia di sana. Cari Indonesia pilih klik di Pulau Jawa, jadi dah itu Jakarta, kalo domisili kalian di Jakarta ya.
  3. Pilih type Keyboard kalian, biasanya sih Pake yang USA gitu dah soalnya typenya sama kayak kita pake QWERTY keyboard
  4. Memastikan Partisi, silahkan pilih sesuai dengan yang kalian yakini awas jangan sampai full di delete partisi terus membiarkan si pinguin niban jendela, nanti gak dual boot dan gak ada partisi yang lain untuk DATA kalian untuk Partisi Data usahakan di NTFS, tenang aja Linux sekarang udeh diajarin baca NTFS kok, disana terdapat beberapa warna yang membedakan antara partisi satu dan yang lainnya jadi be careful <kata orang tasik mah.> Filesystem yang baru untuk Linux itu yang Ext3 dan swap ukurannya adalah 2 x RAM Anda <kalo gue sih 4 x RAM gue, biar cepet, kalee> Bikin Partisi itu paling ribet dah se-Linux, karena dia mencanangkan hidup sehat dari virus ya hidup itu mesti ribet.
  5. Masukkin user name dan password kalian deh.
  6. tunggu sampai selesai dan Finish
Langkah terakhir
Silahkan mencoba barang baru ini di rumah dan kantor kalian.
NB : Terima kasih pada orang dan wikipedia yang saya pinjam beberapa link url-nya.
Video Penginstalan
Video ini orang yang unggah bukan gue, percayalah!!
Ini gue kasih biar yang bingung dengan kata-kata gue bisa ngerti dan paham, hehehe
Maklum orang awam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s