Linux..Oh Linux!! “History or not”

Dalam berbagai hal, “Linux is free-dom not free”, dia bukan gratis tapi bebas. Sebab apa?Karena dalam pembuatannya Kong Linus cuma mau buat sebuah Sistem Operasi yang dapat terlihat setiap source codenya serta bebas di pelajari oleh semua orang (opensource), bebas di kembangkan, bebas untuk dibawa ke berbagai platform, bebas di bagikan, tetapi dianjurkan tidak bebas diperjualbelikan.

Itu lah Linux, yang tidak punya berbagai kesempatan untuk menjualbelikan sebagian sistem source. Kernel pertama yang mungkin menjadi adopsi dari berbagai Sistem Operasi di Dunia dan menjadi pangkal dari segala hal yang menyangkut sistem operasi adalah UNIX. Itu yang membuat Om Gates, Om Steve Jobs (R.I.P) dan Om Linus membuat kepribadian dari dirinya.

Penjelasan yang gak penting sih, kalo salah juga tolong dibenerin ya. Namanya juga ngeluarin unek-unek Pak.

Nah, dari segala perbuatannya itu Om Linus, mewujudkan suatu komunitas yang lahir dengan sendirinya akibat pertentangan dari Dunia “Jendela” yang semakin kesini <pada zamannya> semakin komersil <gak kebeli>. Mulai dari Distro besar seperti Red Hat dengan RPM-nya, Debian dengan deb-nya, dan Slackware dengan slx-nya.

Menjadi seukuran-ukuran yang lebih spesifik dan yang paling populer adalah Fedora, Ubuntu, serta SuSe. Kenapa??Karena mereka rutin memberikan update tentang Distro-distro yang mereka buat <maklum buru-buru,jadi ada salah compile gitu deh>. Karena bebas, Linux itu banyak macem dan banyak cara untuk penginstalannya, tapi zaman telah berubah untuk memudahkan orang-orang yang mau belajar Linux, mereka telah membuat versi portable-nya yang mereka namakan LIVE CD.

Nah, maka dari itu untuk yang mau belajar silahkan download versi LIVE CD-nya deh. Biar mudah belajarnya, jangan dulu ke yang hard, soft aja dulu mengenal software pasti berawal dari ketertarikan pada gamenya kan?? Coba gamenya aja dulu, hehe.
Terima Kasih
Wassalammualaikum Wr. Wb.
(Tahun baru diharapkan lebih sopan)

NB : Entah kapan penjelasan tentang instalasi Linux boleh??

2 responses to “Linux..Oh Linux!! “History or not”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s