Ternyata Indonesia, mantap juga!

Selain pernah ikut piala dunia pada waktu itu, walaupun pada saat itu masih bernama Hindia-Belanda. Tapi, kita mesti berbangga hati dan harus tetap berjuang untuk kemasalahatan bersama.

Saat itu, kesebelasan Hindia Belanda dipimpin Kapten Ahmad Nawi dan penjaga gawang Tan Mo Heng. Hindia Belanda melawan kesebelasan Norwegia. Meski pemain Hindia Belanda bertubuh kecil, mereka tak gentar berhadapan dengan Hungaria. Tim Hindia Belanda bermain sportif. Tak satupun perkelahian dalam 90 menit pertandingan.

Karena hubungan politik, perdagangan, dan budaya selama 300 tahun, banyak warga Belanda yang memiliki keturunan Indonesia. Diperkirakan sekarang terdapat sekitar 500 ribu orang yang memiliki keterkaitan dengan Indonesia, terutama berdasarkan keturunan, dan menjadi satu kelompok minoritas terbesar (Indisch-Nederlanders atau orang Indo) di Belanda.

Nah, dari sekian banyak manusi itu ada beberapa pemain sepakbola terkenal yang masih aktif sampai piala dunia 2010 ini. Ada Mark van Bommel, Gio van Bronckhorst, dan Nigel de Jong. Berikut ini gue kasih beberapa info meski blom jelas tapi ya gitu deh.

Mark van Bommel Bayern.jpgMark Peter Gertuda Andreas van Bommel alias Mark van Bommel (lahir di Maasbracht, 22 April 1977; umur 33 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Belanda. Ia berposisi sebagai gelandang. Sejak musim 2006/07 ia memperkuat Bayern Muenchen. Tinggi badannya adalah 187 cm. Klub-klub yang pernah ia perkuat sebelumnya termasuk PSV Eindhoven dan FC Barcelona.

Bommel pertama kali masuk tim nasional sepak bola Belanda pada tahun 2000. Hingga 25 Agustus 2006 ia telah bermain 40 kali di tim nasional dan mencetak 7 gol. Ia turut memperkuat Belanda di Piala Dunia 2006. Dia termasuk dalam sekian banyak pesepakbola Belanda yang memiliki keturunan Indonesia.

Nigel de Jong (lahir di Amsterdam, Belanda, 10 September 1984; umur 25 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola yang berasal dari Belanda. Saat ini, ia bermain untuk Manchester City di Liga Utama Inggris dan juga bermain untuk tim nasional Belanda. De Jong merupakan pemain kelahiran Belanda berdarah Indonesia.

Giovanni Christiaan van Bronckhorst (dipanggil Gio (dibaca “jo”, lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975; umur 35 tahun) adalah seorang pemain sepak bola dari Belanda. Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan.

Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen peringkat internasional sejak Piala Dunia FIFA 1998 hingga Piala Dunia FIFA 2010. Pada timnas yang terakhir ini ia dipercaya sebagai kapten.

Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain Belanda dalam tim nasional Belanda yang berketurunan Indonesia. Ayah Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya berasal dari Saparua, Maluku. Satu hal yang unik, walaupun Gio lahir dan sudah lama menetap di Belanda, ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur yang kental dan khas, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia. Ia mengaku mendapat kemampuan itu dari ibunya yang asli Maluku.

by Wikipedia.org

One response to “Ternyata Indonesia, mantap juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s