Onno W Purbo, He’s My Inspiration

Kang OnnoOnno Widodo Purbo, lelaki kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962 ini. Telah mengubah hidup gw jadi lebih bahagia untuk mengenal lebih jauh dunia IT. Dia bukan orang yang sombong kepribadian yang memang dimiliki banyak Hacker saat ini. Hanya tampil dibalik layar dan tidak untuk diekspos ke dunia luar.Selain memang dia yang bantu gw untuk lebih hidup, ada juga loh yaitu yah pastilah kalian tahu My Parents n’ My Honey. Kita coba bahas apa saja sih sebenarnya yang menurut gw hebat dari dia. Oke…

Gw panggil dia, Akang Onno aja deh. Maaf yah Kang kalau anak SMK ini gak sopan manggilnya. Akang satu ini hanya memiliki satu istri namanya Teh Nurlina, (syukurlah) dan punya 4 orang anak yang insya Allah jadi orang hebat juga kayak Bapaknya, Amin. Nama masing-masing anaknya, Ito, Reza, Atik, Derry, dan Djaq. Bertempat tinggal di Jl Swadaya IV No 21, Kelurahan Cempaka Baru, Jakarta Pusat.

Pada tahun 1987 – dia Lulus S1 dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, dengan tugas akhir “Perancangan dan Implementasi Rangkaian RS232C 8 Kanal dan Program untuk Praktikum” di bawah bimbingan Prof Dr Samaun Samadikun dan Dr Adang Suwandi. waw… 25 tahun udah lulus S1 keren…euy..urang ikutan ah..Amin.

Lalu pada tahun, 1989 – Lulus S2 dari McMaster University, Kanada, dengan tesis “Numerical Models for Degenerate and Heterostructure Semiconductor Diodes” di bawah bimbingan Prof Dr DT Cassidy dan Prof Dr SH Chisholm. Aih, mpe Kanada euy..Saluuuutt…

Kemudian diakhir pendidikannya pada tahun 1993 – Kang Onno Lulus S3 dari University of Waterloo, Kanada, dengan tesis “Studies on Polysilicon Emitter Transistors Made on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator” di bawah bimbingan Prof Dr CR Selvakumar. Sayangnya buat gw yang kayak gini lumrah kali ya kalau gw bilang gw gak ‘kan bisa. Tapi, gw kudu’ tetep sumanget orang jawa bilang.

Hmm…kalau di kasih penilaian dari 1-10 gw kasih nilai buat Akang satu ini nilai 1000 perfect abis buat kehidupan gw selama ini. Penghargaannya ajiib..gada abisnya buat idup gw dah. Pada tahun :

2005 – Senior Fellow dari Global Ashoka, Amerika Serikat.

2003 – Sabbatical Award, dari International Development Research Center, Kanada.
2002 – Eisenhower Fellow, dari Eisenhower Fellowship, Amerika Serikat.
2000 – Masuk dalam buku “Indonesia Abad XXI: Di Tengah Kepungan Perubahan Global”, Editor Ninok Leksono, Kompas.
1997 – Menerima “ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award”,
dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO).
1996 – Menerima “Adhicipta Rekayasa”, dari Persatuan Insinyur Indonesia.
1992 – Masuk dalam Buku “American Men and Women of Science”, RR Bowker, New York, Amerika Serikat.
1987 – Lulusan Terbaik, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.

Wow, begitulah kenapa gw makin kagum sama Akang satu ini. Tapi masalah pekerjaan Kang Onno milih untuk hal yang mulia yaitu, berbagi Ilmu dengan banyak orang. Di Februari 2000 Kang Onno resmi mengundurkan diri dari jabatan sebagai dosen ITB dan menanggalkan status Pegawai Negeri Sipil-nya. Kemudian 2000 – Sekarang dia menjadi pembicara pada berbagai seminar dan pelatihan soal teknolgi informasi, baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional. Wew, pekerjaan yang mulia Kang. Ane dukung!

Nah, itu tadi sekelimut cerita dari Kang Onno. Hmm..karena gw lahir dari keluarga murni Sunda gak muluk donk kalau gw juga mau jadi seperti Kang Onno, teu nanaon kan Kang?

Ah, abdi ge’ tiasa Kang. Sebentar lagi saya mau pergi ke luar negeri setelah lolos dari test yang ada. Insya Allah, setelah dari sana pulang ke Tanah Air Tercinta gw mau buka tempat belajar khusus buat anak-anak gak mampu, Gratis. Do’akan yah!smoga terlaksana semua Amin…

Tinggalkan Balasan

