Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel yang sering kita dengar kalau kata orang sih wireless. Saya gambarkan seperti pengiriman atau penerimaan paket data yang menggunakan media angin. Jadi, biasanya kita melakukan pengiriman atau penerimaan paket data menggunakan kabel atau LAN. Bukan hanya media standar bahkan media yang mahal pun bisa kita hampiri dalam jaringan nirkabel. Mari kita bahas selanjutnya….

Jaringan nirkabel (wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer dan beberapa macam peralatan telekomunikasi tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dikenal sebagai jaringan telekomunikasi, dan banyak dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), Wi-Fi, layanan komunikasi pribadi (personal communications service atau PCS), global system for mobile communications (GSM), D-AMPS, sistem navigasi global (GPS atau global positioning systems).
Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem telekomunikasi yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.
Namun, sekarang saya hanya membahas sebagian kecil dari alat yang biasa digunakan dalam Jaringan Nirkabel. Access Point (Radio Wireless) adalah barang yang harus kita miliki dalam jaringan ini. Selain itu, ada juga alat outdornya untuk membantu kita dalam jaringan dunia luar. Seperti, Omni, Grid, hingga yang paling mudah didapat dan murah Wajan Bolic.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s