Panas Bumi, energi alternatif?

Peluang yang masih terbuka untuk mendapatkan energi adalah dari panas bumi (geothermal) yang terdapat di bumi Indonesia. Kita semua telah diajarkan sejak sekolah dasar bahwa Indonesia dilalui oleh dua jalur utama pegunungan dunia.

Pegunungan tersebut banyak yang masih aktif dan menghasilkan panas bumi didekat perutnya. Hal ini tentu sebuah keuntungan yang tidak ternilai harganya yang bisa kita manfaatkan. Anugerah Tuhan lainnya untuk Indonesia adalah bentuk negaranya yang kepulauan menyebabkan Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang dan menakjubkan. Bahkan panjangnya mencapai yang terbesar di dunia setelah Kanada.

Di pantai ini kita bisa memanfaatkannya dengan mendirikan pembangkit energi tenaga gelombang pasang air laut. Selain itu, pembangkit listrik tenaga angin adalah salah satu alternatif pembangkit energi konvensional.

Dengan semakin menipisnya cadangan energi tak terbarukan di Indonesia, maka pemanfaatan energi alternatif merupakan pilihan tepat. Selain mengurangi resiko pencemaran lingkungan, pemanfaatan sumber listrik tenaga alternatif akan mendorong kepedulian masyarakat terhadap kelestarian sumber daya alam. Serta, lingkungan yang saat ini mulai terbengkalai dan mengalami anti-klimaksnya. Berubah menjadi keadaan yang damai untuk generasi yang akan datang.

One response to “Panas Bumi, energi alternatif?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s